Biografi Zhen Qi Yun Xing

Biografi
Prof. Dr. Li Shao Bo

Prof. Li Shao Bo lahir tahun 1910 di Lan Zhou, China. Waktu muda beliau bekerja pada pabrik asam fosfat, bagian membersihkan cerobong asapnya. Karena sering terkena polusi akhirnya kena penyakit paru-paru (TBC), yang saat itu tidak ada yang dapat menyembuhkan penyakit maut tersebut. Namun oleh kakeknya yang seorang Dokter, Li muda diajarkan ilmu pernafasan yang disebut Tu Na Dao Yin.

Dengan melakukan ilmu pernapasan tersebut dengan rajin, akhirrya Li sembuh. Sejak itu Li muda memperdalam ilmu pernapasan tersebut sambil belajar pada sekolah kedokteran sampai lulus sebagai Dokter barat pada tahun 1943, kemudian mengajar di fakultas kedokteran hingga mencapai Profesor. Sebagai Profesor Dokter, beliau melakukan riset-riset di rumah sakit di china dan makin mendalami ilmu pernapasan dan kedokteran barat/timur. Di dalam buku kedokteran China yang pertama, adalah buku Wang Tie Ni Ching, pada jaman kaisar Wang Tie, Kaisar Kuning. Di buku tersebut, ilmu pernapasan/meditasi pernapasan sudah ada, tetapi cara bermeditasinya bagaimana kebetulan bagian tersebut hilang sehingga di China timbul ilmu pernapasan dengan beribu-ribu cara sampai sekarang.

Salah satunya adalah ZQYX ini. Jadi ilmu ini sebetulnya suda ada +- 400 th sebelum masehi atau kira-kira 2419 tahun yang lalu. Ilmu meditasi ZQYx adalah hasil galian Prof. Li dari buku tersebut dan banyak bukti-bukti yang menyatakan bahwa meditasi ZQYX adalah sama dengan buku tersebut antara lain dapat dilihat pada:

  • Gambar Nie Ching Tu
  • Syair Microcosmis
  • Batu Giok

Beliau melakukan uji klinis pada ilmu Zhen Qi Yun Xing selama 20 tahun pada pekerja pabrik-pabrik di China. Pada tahun 1962 Zhen Qi Yun Xing mendapat pengesahan dan pada tahun 1969 Pemerintah China meresmikan PROF.Dr. LI SHAO BO ZHEN QI YUN XING RESEARCH INSTITUTE “.

Beliau juga telah menulis buku dan buku pertama beliau terbit Pada Tahun 1979 yang berjudul ZHEN QI YUN XING FA. Tahun 1982 terbit buku yang kedua berjudul ZHEN QI YUN XING LUN. Pada Usia yang Ke 90 tahun 1999 Beliau menerbitkan buku ZHEN QI YUN XING XUE. Sepanjang Tahun 1900 s/d 2000, meditasi ZHEN QI YUN XING berkali-kali mendapat perhargaan lokal China dalam hal pengobatan tradisional dan pada tahun 2001 meraih penghargaan : OUTSTANDING SCIENCE TECH SUCCESS AWARD, dalam ajang : WORLD TRADITIONAL MEDICINE CONFERENCE dari WHO PBB.

Share on