Tips Ampuh Pengobatan Diabetes

20 September 2016 zhenqi 2 Comments

TIPS AMPUH PENGOBATAN DIABETES

“Kita sekarang satu langkah lebih dekat untuk dapat mengobati pasien diabetes dengan sel mereka sendiri dalam memproduksi insulin,” kata Dieter Egli dari New York Stem Cell Foundation (NYSCF), yang memimpin penelitian dan telah diterbitkan dalam jurnal Nature, kami ingin memberikan tips ampuh pengobatan diabestes

 

Egli dan tim telah mentransplantasikan inti sel yang diambil dari kulit wanita ke dalam sel telur manusia untuk menciptakan sel induk, yang kemudian bisa mengubah menjadi sel-sel beta. Penurunan sel-sel beta dalam tubuh ini yang menyebabkan insulin berkurang dan meningkatkan gula darah pada penderita diabetes.

 

Dengan demikian, sebagaimana dikatakan tim, penelitian ini berpotensi menjadi sumber penting untuk terapi sel pengganti di masa depan.

 

Namun demikian penelitian ini bukan studi yang pertama untuk menciptakan sel induk dengan cara ini. Tapi ini adalah yang pertama dalam hal penggunaan sel-sel yang bersumber dari orang dewasa yang sakit dengan tujuan menghasilkan sel-terapi tertentu.

 

Insoo Hyun, seorang pemerhati etika dalam biologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Case Western Reserve di Cleveland, Ohio, mengatakan, penelitian terbaru untuk menghasilkan sel induk embrio dari genom orang hidup, berada dalam bahaya.

 

“Kloning embrio yang berulang kali ini dan membiakkan sel induk, kemudian sekarang menggunakan sel-sel yang dikumpulkan dari orang dewasa, meningkatkan kemungkinan embrio manusia akan diproduksi untuk menghasilkan terapi untuk individu tertentu,” tulisnya dalam komentar di Nature.

 

“Struktur regulasi harus mengawasi penelitian itu.”

 

Sel batang embrio –sel-sel bersifat netral, asli yang dapat berkembang menjadi sel-sel jaringan tisu di dalam tubuh- dipandang sebagai sumber potensial untuk membangun kembali organ yang rusak oleh penyakit atau kecelakaan.

 

Tapi aktivitas ini masih bersifat kontroversial, kecuali nanti sel induk yang dikembangkan hanya berasal dari embrio manusia.

 

Mereka dapat tumbuh di laboratorium dengan mengambil inti sel jaringan, antara lain dari kulit yang berisi DNA seseorang, dimasukan ke dalam telur manusia yang intinya telah dibuang.

 

Telur tersebut kemudian diberi aliran listrik untuk mulai pemecahan sampai membentuk satu blastocyst, yakni tahapan awal embrio yang terdiri dari sekitar 150 sel DNA dari donor sel jaringan.

Sumber :

https://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2014/04/29/20868/terobosan-pengobatan-diabetes-ilmuwan-mengkloning-sel-penghasil-insulin.html

2 People reacted on this

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *