Pelatihan 5 step Zhen-Qi Yun Xing

24 February 2016 zhenqi 119 Comments

Sebelum melakukan Latihan ini ada baiknya posisi kita duduk dengan baik, pikiran relax dan tenang, lalu kedua mata di pejamkan. Setelah pikiran dan hati tenang, dengarkan hembusan napas kita. Dalam melakukan Pelatihan Zhen Qi Yun Xing ada 5 tahapan :

  1. Menghembus napas dengan tujuan di bawah uluhati. Awalnya bila belum terbiasa, adalah normal bila terasa pusing, napas tak teratur, pinggang pegal, pundak sakit, lidah sering turun. Lakukan latihan ini 3x sehari, pagi, siang dan malam kurang lebih 30 menit. Disini terjadi penguatan tenaga untuk fungsi maag, limfa dan sistem pencernaan. Bila sudah terasa mual/jenuh/tak nyaman lanjutkan ke tahap 2. Bila selama 3 hari belum terasa mual/jenuh di uluhati lanjutkan ke tahap 2.
  2. Menghembus napas dengan tujuan ke 3 jari di bawah pusar. Pada tahap ini bisa cukup lama dikarenakan wadah yang sangat luas. Latihan 3x sehari dan dalam waktu 25-30 menit selama max 10 hari. Disini Qi aktif di tengah ruang antar ginjal. Produksi cairan tubuh dan hormon menjadi optimal.
  3. Tetapkan fokus dan arahkan napas disini sampai suatu saat secara alami dan tidak boleh dibantu/dipaksakan untuk mengalami tahap 3. Kemungkinan perut mulai ada getar/bunyi dan bisa mendorong gas keluar dari tubuh. Disini memperkuat daya kerja pencernaan.
  4. Terjadi getaran/sensasi di daerah yang berada di antara kemaluan dan anus. Saat ini yin yang mencapai keseimbangan. Disinilah tahap terbentuknya kesinambungan Qi dari meridian depan dengan meridian belakang tubuh kita.
  5. Qi akan terasa naik pada punggung akan ada sensasi berat menekan punggung. Akan melalui area jantung sehingga terasa kurang nyaman namun biarkan dan akan terus naik. Disini tidak boleh dibantu, biarkan berjalan secara alamiah. Menuju belakang kepala dan naik ke ubun-ubun.

119 People reacted on this

    1. ZhenqiYunxing Indonesia

      Jl. Agung Utara I Blok A2 No. 28 Sunter Agung Podomoro Jakarta Utara 14350
      Telp. : +62-21-6530-7518;
      Telp. : +62-21-6530-4458;
      Fitri (WA) : +62-816-869-608;
      Ermi (WA) : +62-816-869-609;
      Novi (WA) : +62-816-868-109;
      Anggih (WA) : +62-813-99999-567;

  1. Apakah pelatihan Zhen Qi Yun Xing ini bisa dilakukan sendiri di rmh tanpa pelatih ? Lalu bgm caranya tahu kalo gerakan nafas sy sdh benar ato belum ?
    Mohon penjelasannya, trimakasih.

    1. ZhenQi dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa pelatih. Hembusan napas diarahkan ke ulu hati. Apabila sudah benar akan terasa di badan. Tiap orang beda2. Minimal ada sedikit terasa panas.

      Maaf, bu Tina ada WA? Kami dapat dihubungi via WA DI +62-816-869-608.

  2. Halo, sy masih bingung “Nafas di arahlan ke ulu hati”, apakah kita tarik nafas yg dalam dan perlahan di hembuskan ke uluhati atau bgmn cara bernafasnya? Tks

    1. Yth. Sdr. Wawan
      Terima kasih atas pertanyaannya.

      Napas seperti biasa saja. Hanya pada saat anda menghembuskan napas, coba “dirasakan-dikawal-diarahkan” hembusan itu ke arah ulu hati.

      Semoga keterangan di atas membantu dan bermanfaat.

      Selamat berlatih.

      Salam Sehat Zhenqi

  3. Saya latihan dari tahun2007..
    Sampai sekarang tiap hari rutin i jam…dg nafas normal ..aman aman saja…sampai sekarang hidup tanpa obat krn ada dokter didalam tubuhku

  4. I see your website needs some fresh content.
    Writing manually takes a lot of time, but there is tool
    for this time consuming task, search for: Wrastain’s tools for content

  5. Mohon info..pada tahap 3 & seterusnya..kmanakah hembusan nafas diarahkan? Apakah ke bawah pusar?, trimakasih

    1. Dear Shasha Berting..
      Terima kasih telah menghubungi kami.

      Untuk tahap ke 3, ya hembusan diarahkan ke sekitar 3jari dibawah pusar (tantien bawah).

      Tapi kalau kesulitan gak apa biasa saja ke ulu hati.. Nanti juga turun..

      thanks.

      1. Dear Zhen Qi
        Trimakasih banyak atas response nya , saya sangat beruntung, ( jujur saya tidak mengira akan mendapatkan response secepat ini).
        Saya mencoba berlatih sesuai arahan pada artikel diatas..pada awalnya saya agak kesulitan melakukan nya, karena saya termasuk orang visual,sehingga perlu melihat or dicontohkan, tp akhirnya saya coba mencari cara, dgn menempatkan telapak tangan saya di ulu hati, kesitulah stiap hembusan nafas saya tujukan..ternyata hanya dlm beberapa menit saya sdh merasakan efek nya, pada hari ke 2, saya merasakan aliran rasa panas & mual..jd sekarang saya sdh mulai latihan tahap 2
        .
        Pertanyaan saya skarang adalah: mengingat Zhen Qi adalah meditasi untuk kesehatan, apakah itu berarti bagi yg tidak mampu duduk, dapat dilakukan dgn posisi lain? Misal posisi tidur? Atau duduk ditempat tidur ?
        Trimakasih banyak sebelum nya

        1. Dear Ibu Shasha Berting..
          Kami ucapkan selamat atas keberhasilan nya mencapai tahap 2. Tahap awal adalah tahap yang sangat penting, ibaratkan kereta ditempatkan di rel yang tepat, tinggal berjalan di atas rel nya.

          Cara yang ibu lakukan juga cukup brilyan. Mungkin dapat menjadi rujukan untuk yang memounyai kondisi seperti ibu. Ada salah satu instruktur kami mengatasinya dengan menempatkan salonpas di titik hembusan untuk memudahkan pemusatan hembusan. Ya bisa dengan cara masing masing.

          Untuk yang tidak dapat duduk, diusahakan posisi masih mengambil keuntungan gravitasi agar lebih mudah hembusan mencapai titik tujuan. Apabila sikap tidur miring disarankan miring ke sisi kanan.

          semoga bermanfaat info di atas.

          Goodluck dengan lanjutan latihannya.

          Salah Sehat ZhenQi

  6. Dear zhen qi

    Saya mau bertanya apakah hembusan nafas di arahkan ke ulu hati itu dalam artian yang sebenarnya atau hanya di visualisaikan saja ?

    1. Yth. Bapak Edo..
      Ke duanya Pak. Dirasakan, dikawal hembusan dan dipikirkan juga ke arah ulu hati.

      semoga bermanfaat.

      terima kasih.

  7. Dear Zhen Qi

    Apakah ada pelatihan di area jawa tengah ? Atau apabila memungkinkan ada instruktur yang dapat melatih di kota kami ?
    Apakah ada pantang makan atau pantang aktifitas tertentu selama berlatih zhen qi ?

    Terima kasih banyak

    1. Yth. Bapak Yudhi..
      mohon maaf untuk sementara ini kami belum ada kegiatan di daerah jawa tengah.

      Kalau bapak dapat mengumpulkan orang min 30org gitu akan coba kita skedulkan.

      terima kasih.

    1. Yth. Bapak Davis..
      mohon maaf kami belum ada di daerah Semarang. Apabila Bapak dapat mengumpulkan banyak orang nanti bisa coba kami skedulkan.

      terima kasih.

    1. Yth. Ibu Titiek..
      Mohon maaf saat ini kami belum ada pelatihan dengan kunjungan karena keterbatasan instruktur dan waktu yang lama untuk melakukan meditasi.
      terima kasih.

    2. Yth. ibu Titiek..

      mohon maaf untuk sementara kami belum dapat melakukan kunjungan ke rumah pribadi.

      tetapi apabila memang dirasakan perlu dan urgent karena keluhan kesehatannya, akan coba kami bantu via video call, dengan catatan peserta dapat melakukan latihannya, dalam hal ini keadaan sadar dan dapat duduk.

      terima kasih. semoga bermanfaat.

      salam sehat zhenqi.

    1. tahap ke dua sudah boleh ke dan tien bawah pusar. tetapi apabila kesulitan, ya boleh saja tetap di ulu hati dulu.

      terima kasih. semoga bermanfaat.

      salam sehat zhenqi

  8. Saya ingin ikut ZQ yg akan diadakan 2 Mei sampai 12 Mei,tapi saya baru bisa ikut tgl 6 mei apakah bisa ikutan ?Terimakasih

    1. Yth. ibu Tina
      maaf, kami skedul umumnya setiap bulan setiap tanggal 18-27 untuk di Jkt. demikian juga untuk bulan Mei, bakalan sekitaran tanggal itu juga.
      terima kasih.

      salam sehat zhenqi..

  9. Ingin tanya, saat menempelkan lidah ke langit mulut, bolehkah lidah sisi atas saya menempel ke dekat gigi ? Terima kasih.

  10. slamat siang,

    saya agus ..
    saya ingin tanya, lidahnya ditekuk ke atas(tempel ke langit2) itu ditekuk ke blakang atau asal nempel gitu aja?

    mohon info

    1. Selamat siang pak Agus..
      Maaf baru dapat menjawab.

      Kalo awal2 kalo asal nempel suka lepas . Jadi prinsipnya diusahakan nempel terus.

      Menempelnya ke langit2.

      Kalau ada air liur, air liur baik untuk ditelan.

      Terima kasih.

  11. Comment Yth Zhen Qi,
    Krn pelatihan hanya ada di Jkt sdg sy di Bdg. Dg pertimbangan akan byk wkt dan biaya yg besar, mk sy putuskan untuk belajar sendiri sesuai artikel.
    1)3 hari pertama sy fokus ke ulu hati dg lidah dilipat ke langit-langit. Tdk ada sensasi yg dirasakan
    2)3 hari berikutnya sy fokus utk menurunkan energi dr ulu hati ke tantien. Disini sy merasa ada urat di kening yg berjln spt ulat dan perut bunyi spt keruyukan.
    3)Hr ke 7 sampai skr sdh berjln selama 20 hr sejak awal mulai sy tdk merasaka apa-apa spt testimoni teman-teman yg lain. Sy cuma merasa seluruh perut di bwh pusar hingga punggung di kiri ginjal spt diolesi balsam/mentol (hangat dingin). Tdk jg merasa ada energi yg naik ke kepala. Dan hingga kini sy blm mencapai TK. Mohon pencerahannya apa yg salah? Terima kasih sebelumnya.

    1. Yth. Bapak Jason.
      Selamat bapak telah berhasil melakukan sendiri. Apa yang bapak lakukan sepertinya sudah benar.

      Berapa lama bapak berlatih setiap kali? Dan berapa kali sehari?

      Kalau sudah seperti bapak, minimal berlatih sejam sekali jalan. Kemudian istirahat sebentar 5-10 menit dan mulai lagi. Sampai 3-4kali. Lebih banyak lebih bagus.

      Selama latihan dikurangi kegiatan2 yang memerlukan banyak energi termasuk olah raga, hubungan suami istri dsb. Dipantangkan juga makan daging kaki 4.

      Salam sukses dan sehat dengan zhenqi pak Jason.

      Maaf kami baru dapat merespon bapak.

  12. Maaf mau tanya, itu maksdu nafas dihembuskan ke ulu hati, berati posisi kepala kita menunduk ke arah dada, spy bs hembusan nafas ke ulu hati?benarkah spt itu?

    1. Pada saat nafas dihembuskan, dirasakan dan dikawalkan hembusan napas yang didalam tubuh itu berjalan menuju ulu hati. Pada waktu menghembuskan nafas, difokuskan pikiran hembusan itu ke ulu hati.

      Semoga bermanfaat.

      Salam sehat zhenqi.

    2. Bukan bu Dewi..

      Kepala menu duk sedikit saja. Yang enak saja.

      Hembusan napas ke ulu hati artinya pada saat menfhembuskan coba dirasakan, diarahkan dan dikawalkan hembusan itu ke ulu hati. Pada saat menghembuskan pikiran ke ulu hati.

      Semoga jelas.

      Thanks.

  13. Comment saya mau tanya, saya latihan zenqi 30-60 menit fokus bawah pusar selama 1 bulan ,lalu kepala terasa menggelembung apalagi di kedua alis,ada terasa sesuatu di ubun2 .apakah latihan saya sudah benar atau tidak?

    1. Dari penjelasan pak Thony sepertinya sudah benar. Selamat Pak Thony.

      Usahakan sekali jalan 60menit dan 3-4kali dulu sampai bisa tungkuan.

      Kurangi kegiatan yang menguras tenaga sebelum tungkuan.

      Selanjutnya berlatih 2x sehari pagi dan malam @1jam tuk menjaga kesehatan. Apabila ada keluhan kesehatan, dosis ditambahkan.

      Salam sehat zhenqi.

  14. Maaf…saya sudah mencoba pernafasan shen qi..yang ingin saya tanyakan : 1. Baru kira kira 10 menit kok sudah rasanya panas dibadan dan keluar keringat banyak…apa itu wajar? 2. Berulang ulang saya latihan walaupun hanya sebentar tapi badan rasanya sakit semua, perut melintir, mual, pusing, sendi2 pada sakit, pusing…apa memang begitu atau ada yang salah dengan latihan saya? Padahal saya baru konsentrasi di ulu hati saja…apa itu tandanya saya punya penyakit atau gimana ya pak? Saya kok agak takut.. 3. Apa ada pantangan nya selama menjalani latihan pernafasan shen qi ini ya pak? Misalnya yang sudah berkeluarga melakukan hubungan suami istri apa sementara tidak boleh atau gimana pak? Mohon penjelasan nya… Terus terang saya sangat tertarik pernafasan shen qi ini mengingat kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya….harapan saya di jawa tengah diadakan latihan pernafasan ini supaya tidak pada bingung cara latihannya…terima kasih…..

    1. Yth. Bapak Hendi
      Dari penjelasan bapak, sepertinya yang bapak lakukan seudah benar. Sudah terjadi reaksi.

      Biasanya kesakitan menunjukkan perbaikan di lokasi yang mengalami permasalahan.

      Selama berlatih awal memang dipantangkan melakukan kegiatan yang menguras tenaga (qi) seperti olah raga dan melakukan hubungan suami istri. Juga dipantangkan makan daging binatang kaki 4.

      Untuk hal2 lain bapak dapat membaca beberapa reply kami terhadap pertanyaan2.

      Silakan dilanjutkan dan semoga sehat selalu bersama zhenqi.

      Hormat kami
      Theodoor

  15. Comment setelah tungkwan berapa lama hrs latihan? apakah masih menurunkan zhen qi dari ulu hati ke dantian?

    1. Latihan harus tiap hari Pak Thony..

      Kalo gak latihan ya gembos lagi. Latihan khan menambah QI. Kita berkegiatan tiap hari mengurangi qi kuta. Jadi harus diisi kembali.

      Untuk yang punya keluhan kesehatan harus maintain 4jam total dalam sehari, minimal 1 jam per satu kali duduk.

      Sukses dan salam sehat zhenqi pak Thony.

  16. saya punya penyakit ambeien dalam sudah kurang lebih 30 th…setelah saya baca pernafasan zhen qi….akhirnya saya berlatih sendiri mengingat tempat tinggal saya jauh dari jakarta….yang saya ingin tanyakan…apakah boleh orang sakit embeien melakukan pernafasan zhen qi? Sudah hampir sebulan saya melakukan zhen qi…tapi ada satu ganjalan yang saya rasakan kenapa kok perut saya di atas kemaluan sakit sekali sampai pinggang belakang seperti kalo lagi sakit usus turun ya pak? Sampai bangun saja harus cari pegangan….trus embeien saya kok semakin keluar dan ada darah? Apa memang begitu prosesnya pak? Setelah dipijat urut sekarang agak mendingan….apakah selama latihan boleh melakukan pijat? Sementara ini latihan saya hentikan soalnya saya agak takut…mohon penjelasannya…terima kasih…

    1. Maaf Pak. Baru menjawab.
      Kami ada beberapa kasus penderita ambeien dapat terbantukan dengan latihan meditasi zhenqi. Mengenai reaksi setiap orang bs sangat berbeda. Tergantung dengan kondisi dari fisik tubuh dan stadium keluhan kesehatannya.

      Bapak tidak menceritakan mengenai bagaimana latihan bapak, berapa lama sekali latihan, berapa kali latihan per hari, dan reaksi2 dari hari per hari. Bgmn kondisi makan bapak, bab bapak ngedan atau tidak dsb.

      Untuk umumnya yang tidak mengalami reaksi kuat atau tidak mempunyai keluhan kesehatan dapat berlatih sendiri. Tetapi yang mempunyai keluhan kesehatan dan reaksi kuat memang lebih baik dibarengi insruktur.

      Dari ceritera bapak adanya kesakitan dan ambeien yang keluar ada kemungkinan bapak melakukan pernapasan dan hembusan terlalu kuat. Sebaiknya latihan dilakukan sangat rilex dan natural pada saat hembusan. Tidak perlu menekan terutama saat hembusan. Juga jangan terlalu cepat.
      Bisa juga pada saat hembusan tetap fokus di ulu hati saja daripada di bawah pusar.

      Sebenarnya juga selama berlatih berpuasa makan daging berkaki 4 terutama daging sapi.

      Bisa juga latihan bertahap dulu, dalam arti per sekali latihan dari pertama 20menit an dl selama beberapa hari. Baru kemudian meningkat ke 30menit per latihan selama beberapa hari juga. Kemudian ke 45menit dan kemudian 1 jam. Setiap hari dapat dilakukan 3-4x latihan.

      Jangan lupa setiap kali berlatih minum air yang banyak terutama setelah berlatih.

      Semoga dapat membantu permasalahan bapak.

      Salam sehat zhenqi.

  17. Mau bertanya. untuk latihan Zhenqi ini apakah menggunakan pernafasan perut ataukah hanya bernafas biasa saja?

  18. Pagi .
    Kalau buang nafas apa pakai didorong ?
    Dan kadang2 konsentrasi tergangu ( tdk fokus).
    Dan untuk supaya konsen apa boleh di titik tiandien saya tekan dng jari ?.
    Mohon penjelasannya.
    Thanks.

    1. Yth. Bapak Fredys..
      Buang napas ridak perlu didorong. Hanya diarahkan saja atau dipikirkan dan dofokuskan ke ulu hati tuk awal dan kemudian ke tantien bawah swtelah beberapa hari latihan.

      Untuk konsen ke tujuan bs diberi tanda dengan seperti salonpas atau sejenisnya.

      Sambil juga dengan menghitung agar dapat fokus.

      Semoga bermanfaat.

  19. O ya untuk posisi duduk di kaki pakai alas kaki atau tidak pakai alas kaki .
    Sebab saya pernah berlatih 1 jam . Duduk tampa alas kaki alias langsung kenak lantai .
    Ada reaksi tangan bisa terangkat .seperti ada yg angkat .
    Mohon penjelasan. Tq

    1. Pakai atau tidak boleh. Yang penting nyaman dan tidak dingin di telapak kaki.

      Mengenai tangan bisa terangkat adalah normal. Silakan dilanjut.

      Terimakasih. Semoga bermanfaat.

      Salam sehat zhenqi.

  20. Saya ada pertanyaan lagi:

    1. Pada saat melakukan meditasi ini, apakah kita fokus saja pada xia dantian dan memperhatikan nafas kita dan hanya meniatkan nafas kita masuk ke xia dantian? Atau kita ikuti dan memperhatikan nafas kita dari awal masuk ke hidung sampai ke xia dantian? Inti pertanyaan saya adalah, sebenarnya fokus kita berada dimana?

    2. Saya sudah dua bulan berlatih sendiri, lalu belakangan mata kiri saya seperti pegal, karena saya mempraktekkan meditasi ini dengan cara yang saya sebutkan diatas yaitu mengikuti dan memperhatikan nafas saya dari awal masuk ke hidung sampai ke xia dantian. Entah mata saya sakit/ pegal karena teknik saya salah atau bagaimana ya?

    Terima kasih sebelumnya

    1. bernapas normal dan rileks. Tidak perlu memperhatikan dan mengikuti apapun. Napas NORMAL DAN RILEKS. Pada saat hembusan saja, pikirkan ulu hati atau dandian bawah. Itu saja. Selain lidah nempel ke langit2 atas yach.

    1. Ya pada saat hembusan saja, pikirkan ulu hati atau pikiran ke ulu hati. Lain itu bernapas secara normal dan rileks.

  21. Selamat Sore , … ,
    Salam Sehat Dan Damai

    saya sdh berulang kali membaca artikel mengenai Zhenqi Yunxing dr postingan TITIK PUSPA di Youtube .
    saya sdh melakukan beberapa kali meditasi ini tetapi belum maksimal kadang hanya 30 mnt 2x sehari.
    ada beberpa hal yang saya alami , pertama saya merasa mengantuk sangat dalam dan terus menguap setiap saya tekuk lidah saya dan beberapa kali saya merarsa gatal gatal pada bagian muka saya dan beberapa kali saya tdk tahan untuk menggaruknya.
    yang saya tanya kan :
    1. apakah lidah di tekuk harus menyentuh langit’ yg paling ujung belakang dekat daerah amandel atau hanya menyentuh di langit” karena jika harus menyentuh langit yg bagian belakang saya tidakkuat untuk tidak membuka mulut karena kecapaian menahan lidah agar trs menempel. kadang saya menekuk setengah dr lidah saya menempl pd langit” dr depan ke belakang .
    2. saya melakukan meditasi di atas tempat tidur duduk sambil menyandar apakah bisa sprt itu, karena biasanya saya melakukan meditasi sprt itu merasa lebih cepat menurunkan gelombang otak ke titik nol
    3. untuyk mengobati keputihan yang membandal apakah bisa jg di lakukan dgn meditasi sprt ini bapak ?
    4. mohon pencerahannya

    Terimaksih yang sebanyak”nya

    1. Selamat siang ibu Yu.
      Mohon maaf sekali kami baru membalas pesan ibu.

      Ujung Lidah ditekuk ke langit2 atas dibagian gusi dalam. Cukup menempel saja.

      Apabila memungkinkan latihan diusahakan tidak bersandar. Selain hasil kurang maksimal, badan cenderung cepat ngantuk.

      Kami mencoba melihat referensi mengenai penyebab keputihan, apabila sesuai dengan kami dapatkan di bawah ini :

      Apa Yang Menjadi Penyebab Keputihan?

      Penyebab keputihan terjadi secara umum seperti:

      Hormon yang tidak seimbang
      Keseimbangan biologis dan keasaman area keputihan rusak
      Memakai tissue saat mencuci bagian keputihan
      Terlalu sering menggunakan toilet umum yang kotor
      Sering bertukar celana dengan orang lain
      Tertekan atau adanya tekanan
      Pola hidup yang tidak sehat
      Lingkungan yang kotor
      Gula darah tinggi

      Seharusnya dapat diatasi bu terutama masalah hormon, gula darah bahkan membantu mengatasi tekanan / stres.

      Apabila ada hal yang masih perlu oenjelasan, silakan menghubungi kami kembali.

      Salam sehat zhenqi.

  22. Terima kasih sudah berbagi ilmu meditasi zen qhi, sehingga saya bisa belajar dan mempraktekannya, saya belum mampu melakukan latihan selama 1 jam karena punggung terasa sakit, apakah bisa per 30.menit latihannya terus istirahat dan dilanjut lagi? Selama 30 menit, saya merasakan panas di ulu hati dan berkeringat, serta gatal di kaki
    Terima kasih

    1. Selamat siang ibu Rika.
      Mohon maaf sekali kami baru membalas pesan ibu.

      Dari sedikit penjelasan ibu, sepertinya latihan ibu sudah baik. Tinggal dilanjutkan saja.
      Rileks saja yach bu pada saat meditasi.

      Kalau sakit, kalau bisa ditahan lebih baik. Kalo sudah tidak dapat ditahan, ya berhenti sebentar latihannya. Istirahat 5 menit trus kanjut lagi. Nanti lama2 sakitnya juga akan hilang.

      Semoga membantu.

      Salam sehat zhenqi.

    1. Maaf bu Taty baru dapat menjawab..

      Berlatih meditasi ini dapat dilakukan berlatih sendiri dan tidak berbahaya, terkecuali mempunyai kondisi2 masalah kesehatan tertentu.

      Tetapi memang lebih baik apabila dibarengi instruktur.

      Salam sehat zhenqi.

  23. Salut sama team ZhenQi Indonesia, walaupun orang tidak berlatih dilokasi pun masih dibantu dibimbing disini…TOP Banget.
    Semoga banyak orang mendapatkan manfaat dari penemuan Prof. Li Shao Bo ini.

    1. Selamat siang Pak Heri yang baik hati memberikan apresiasi dan motivasi kepada kami.

      Ya pak, ini kami lakukan agar banyak teman2 yang ada masalah kesehatan dapat cepat terbantukan walau berlokasi di luar daerah lokasi Kelas Zhenqi di Sunter maupun di Surabaya.

      Amin.. semoga demikian banyak teman2 yang mendapatkan manfaat dengan berlatih meditasi zhenqiyunxing ini.

      Salam sehat zhenqi.

  24. Saya baru hampir 2 bln di diagnosa kanker serviks stadium 1,tapi masih harus pemeriksaan lanjut baru bisa dipastikan positif,saya mau tanya untuk durasi meditasi ini harus berapa kali sehari dan apa bisa sendiri saja ato harus ada mentornya,saya mau tanya juga,klo pun saya harus ada di dampingi mentor,apa sayaboleh tau alamat /dari meditasi ini dan ada no wanya,kalo ada trima kasih

    1. Selamat siang ibu Ninong..
      Kami ikut bersedih dan prihatin dengan hasil diagnosa sakit ibu. Tetapi tetap semangat untuk melewati dan mengalahkan tantangan hidup ini. Dengan stadium yang masih awal akan sangat membantu untuk ditangani.

      Kami mihon maaf baru dapat membalas.

      Untuk sakit ibu, total di awal2 diperlukan sekitar 6jam per hari.

      Awal2 dapat dimulai dengan @15menit 1-2 hari, kemudian @20menit, 1-2hari juga. Trus naikkan sampai 1jam bahkan 1.5jam sekali latihan dengan total tetap 6jam sehari.

      Dapat sendiri dan silakan melihat video ini untuk panduan :
      http://zhenqiyunxing-indonesia.id/tutorial/

      Memang lebih baik melalui instruktur. Kami ada kelas di Jakarta dan Surabaya. Silakan melihat di website kami mengenai skedul dan pendaftaran.

      http://zhenqiyunxing-indonesia.id/hubungi-kami/

      Salam sehat zhenqi.

  25. Saya berlatih meditasi zen qi otodidak sdh sekitar 1 minggu. Minimal 2 x sehari pagi dan malam @15 menit. Konsentrasi msh sy arahkan ke uluhati. Sdh 2 hari ini perut terasa panas, mual, sebah spt masuk angin…mohon pencerahannya?

    1. Mohon maaf Zenadiqi
      Kami baru dapat membalas pesannya.

      Sepertinya yang sudah dilakukan sudah oke. Hanya lebih baik tuk awal2 diperbanyak menitnya setelah beberapa hari dan frekuensinya ditambahkan juga.

      Silakan melihat video ini untuk pemahaman lebih baik. Apa ada hal yang kurang jelas silakan menghubungi kami kembali.

      http://zhenqiyunxing-indonesia.id/tutorial/

      Salam sehat zhenqi

  26. Assalamualaikum , sy sangat tertarik utk mempelajari teknik Zhenqi ini, tapi sy berdomisili di Makassar.. Maaf sy mau bertanya, utk agama Islam bisa kah ikut pelatihan ini? Trus kalo hembusan nafasnya itu apakah lwt hidung?posisi duduknya apakha di kursi atau duduk bersila di lantai? Mana yg baik jika seandainya sy mau latihan sendiri..

    1. Waalaikumussalam..
      Terima kasih atas pesan bapak.
      Sangat bisa Pak Fadly.. meditasi ini tidak berhubungan dengan agama apapun.

      Bernapas seperti biasa saja. Normal dan ruleks. Ujung lidah ke langit2 atas. Hembusan dibayangkan/dikawal/diarahkan ke ulu hati.

      Lebih baik duduk biasa awalnya. Bisa juga bersila asal tidak bersandar terkecuali mempunyai kendala kesehatan.

      Bapak sudah melihat video yang kami upload?

      http://zhenqiyunxing-indonesia.id/tutorial/

      Silakan berlatih sendiri Pak. Semoga menjadi sehat.

      Apabila ada yang kurang jelas bisa menghubungi kami kembali.

      Salam sehat zhenqi.

  27. Saya tertarik untuk berlatih ZhenQi ini dan mulai beberapa kali. Ada kendala seringkali mulut penuh air liur. Kalo saat menelan otomatis ujung lidah lepas dari langit2. Seberapa sering boleh menelan liur? Terimakasih

    1. Selamat sore bu Rani..
      Kalau lagi ada air liur silakan ditelan kembali. Tidak ada aturan berapa kali.

      lanjuuuttt bu Rani.

      ada hal apalagi yang ibu rasakan?

      Salam sehat zhenqi

  28. Terima kasih, artikel di atas sangat bermanfaat, ada banyak jalan mencapai kesembuhan.

    Saya penderita hepatitis b kronis dan sudah 2 hari ini mempraktekkan meditasi sesuai tulisan diartikel, namun yang menjadi kendala saat duduk bermeditasi adalah punggung terasa cepat capek, sehingga menyulitkan/ membuyarkan kosentrasi. Padahal posisi duduk bermeditasi ini saya lebih mudah cepat merasakan sensasinya.

    Saya perna ganti posisi tidur miring ke kanan, namun kesulitan untuk merasakan sensasinya.

    Untuk latihan dua hari ini, saya hanya mampu lakukan 2 jam perhari. Di pecah 1 jam pagi dan 1 jam sore.

    Yang ingin saya tanyakan…
    1. Apakah meditasi ini dikatakan berhasil apabila sudah merasakan sensasi (seperti ulu hati terasa penuh, seperti ada yang sesuatu yang lewet, punggung terasa ada yang nekan dan hangat, leher terasa ada yang narik, kepala seperti kesetrum, dll)?

    2. Apakah boleh dalam bermeditasi memaksakan diri harus mencapai 30 menit atau 1 jam persekali duduk meditasi walau punggung terasa capek?? atau sesuai dengan kemampuan/ kenyamanan?

    2. Apakah ada testimoni penderita hepatitis b kronis tersembuhkan dengan meditasi zhenqi ini? Kalau ada, bolehkah saya minta nomor kontaknya sebagai penambah semangat/ motivasi saya.

    Terima kasih.
    Semoga sehat selalu dan kebaikan Anda dibalas Tuhan berlipat ganda…. Amiin.

    1. latihannya sekuatnya saja. Kuat 30menit, ya berhenti trus baru mulai lagi. Yg penting total latihannya sehari 3-4jam gitu. Lebih jam lebih bagus.

      Bapak gak perlu testimoni orang lain. Begitu bapak latihan rutin, bapak akan merasakan testimoni sendiri dan manfaat bisa dirasakan sendiri.

  29. Salam sehat,
    Saya mau tanya, masih bingung dengan menempelkan lidah kelangit mulut (rahang atas)…menurut tulisan sebelumnya ditekuk, apakah artinya nanti yg menempel kelangit mulut itu bagian bawah lidah? (Karena kalau ditekuk kan nanti posisi lidah terbalik toh?) Atau bagaimana? Saya sudah mencoba melakukan Zhen qi sendiri ,otodidak dari tulisan/video YouTube… Dalam rentang waktu tidak tentu, kalau malam minimal 1 jam, kalau siang disela2 kerja juga sekitar 15 menitan tiap kali melakukan. Tahap menurunkan nafas ke ulu hati membuat dada terasa penuh, mencoba turunkan ke dan Tian, perut seperti bunyivkerucukan biasa tanda lapar. Apakah sudah benar? Terkadang ada sensasi badan bergoyang sendiri..apakah normal? Oh iya saya juga sedang rutin melakukan senam Phing Suai Gong apakah tidak apa2 dibarengi dengan latihan Zhen Qi? Apakah ada kelas ZhenQi di Bogor?Satu lagi, bisakah Zhen Qi dilakukan dengan mata terbuka? Mohon maaf pertanyaannya banyak ya…terimakasih atas perhatiannya. Salam sejahtera

    1. Yth bpk Niko

      1. Tempelkan saja ujung kidah atau lidah ke langit2 atas.
      2. Latihan bapak kedengarannya dr cerita bapak sdh oke.
      3. Hembusan normal saja. Jangan ditekan, dilambatkan atau dicepatkan. Rileks saja Pak.
      4. Boleh dengan kegiatan lain spt senam lain2.
      5. Belum ada kelas di Bogor.
      6. Bisa dengan mata terbuka kalau ada rasa ketakutan pada saat ditutup. Tp kalau tidak lebih baik ditutup matanya.

  30. saya tertarik untuk ikut pelatihan di semarang pada bl agustus nanti. tapi bolehkah saya mencoba berlatih dulu dengan panduan ini ? saya punya keluhan ada benjolan di payudara. Terimakasih Pak, saya banyak belajar dari ulasan2 Bapak.

    1. Maaf mau nanya bagaimana caranya supaya air liur banyak ya. Katanya air liur penting harus banyak. Saya sudah berlatih lama tapi air liurnya sedikit. Apakah bahaya jika tidak keluar air liur?

  31. Salam bahagia,pak apakah meditasi Zen qi bisa meningkatkan kualitas atau meningkatkan durasi hubungan suami istri bagi laki laki? Trmksh

  32. Salam yogi.
    Saya sudah mencoba sendiri zhen qi secara otodidak. Sudah merasakan sensasi2 pertama (uluhati), dada terasa penuh sesak sampai nafas jd susah (perut kembung yg saya kira sakit maag/gerd saya kambuh). Sensasi ke 2 jg sudah dilalui, perut bunyi, buang gas dan buang2 air besar, dan antara bag. Kemaluan dan anus bergetar. Lalu Sensasi ke 3 pinggul pegal2 dan sakit, badan sering terasa panas dan dingin, punggung terasa berat, jantung terasa tidak nyaman, leher kaku. Bagian batas leher dan kepala terasa ada yg ditekan keras tp tidak bisa jln/mentok. Tapi saya merasakan kadang seperti membesar/melembung, bibir dan lidah bergetar. Oyah, selama latihan dr step pertama kepala saya jg terasa berat, kencang dan sering ada aliran jalan kesana kemari tp disuatu tempat stag, mata seperti ditarik keluar/kedalam, bagian kuping terasa tertutup dr dalam, seperti kl lg di dlm pesawat saat terbang (kebetulan memang ada problem di bagian kepala selain vertigo). Belakangan saat berlatih step terakhir, bagian yg mampet/stag dibagian pintu gerbang besi, terasa plong dan terang. Tanpa bunyi bom. Saya berlatih setiap step 1 jam atau 1×2, walau tidak dlm 1 hari sekaligus 5 steps

    Apakah itu sudah tung kwan? Dan kl sdh tung kwan Utk berlatih seterusnya tetap harus step by step seperti awal kumpul qi di uluhati dll? Atau cukup berlatih fokus di dan tian saja ?

    Mohon pemcerahannya.
    Terima kasih banyak.

  33. Selamat siang. Saya sudah sekitar 3 hari mempraktekkan meditasi zhen qi ini soalnya saya jauh dari Jakarta. Sehari bisa 3x tapi durasi paling lama 30 menit per sesi. Saya ada keluhan maag yg sdh cukup lama saya rasakan. Saat saya memfokuskan hembusan nafas di ulu hati, saya merasa sperti ada yg mengganjal di bagian ulu hati saya, kadang terasa tertekan di bagian itu. Sensasinya mirip jika maag saya lagi kumat. Tapi seingat saya sebelum saya melakukan meditasi maag saya tidak kumat dan saya tidak telat makan. Dan ketika saya meditasi badan rasanya berkali2 ditarik ke belakang sehingga saya harus berkali2 meluruskan tulang belakang kembali. Apakah ini memang reaksi tubuh saat meditasi? Apa yg harus saya lakukan selanjutnya?

  34. 5 bulan lalu saya mengalami kelumpuhan dari pinggang kebawah akibat HNP di leher.
    Pertama operasi tidak tepat karena malah operasi lumbal di pinggang.
    3 minggu lalu baru bisa operasi ulang di tempat yang tepat.
    Walau telah ada perbaikan tetapi ada rasa kebas di kaki yang belum bisa hilang hingga jalanpun masih belum bisa normal.
    Apakah latihan ini mampu mengembalikan kemampuan gerak saya kembali seperti semula?

    1. Seharusnya akan sangat bermanfaat. Tergantung jam terbang latihannya. Semakin banyak semakin baik. Silakan dicoba dan dirasakan sendiri.

  35. Maaf tanya saya sudah coba latohan meditasi cuma kok kuatnya 30 menitan, pernah 1 jam tapi napas tersengal sengal sama beberapa kali badan lama 2 membungkuk , bagaimana tips nya agar bisa bermeditasi lama? Oh iya saya pertama kali mencoba kepala meditasi 20 menit tangan dan kepala seperti kesemutan … mohon pencerhan

    1. Sepertinya sudah oke. Latihan harus rileks. Tidak boleh tegang, dan mengatur atur pernapasan. Kalo kuat @20menit, jalankan saja @20menit selama bbrp hari kemudian baru ditingkatkan. Yang penting total latihannya sehari total 3jam an di awal2.

  36. Halo, mau nanya untuk pantangan makanan selain daging kaki 4 apakah ada pantangan lainnya?

    Terimakasih

  37. Apakah latihan Zhen Qi Yun Xing bisa sembuhkan penyakit Galucoma pada mata saya ? Saya tidak punya penyakit lain, hanya menderita Glaucoma tahap parah gitu, mohon informasi dari anda, Terimakasih.

    1. Seharusnya akan sangat membantu dan bermanfaat untuk kesembuhan dan kesehatan mata.Tergantung jam terbang latihan juga. Silakan mencoba dan merasakan manfaatnya. Semoga lancar dan sukses.

  38. Salam hormat saya kepada bpk/ibu admin …saya minta izin belajar sendiri di rumah saya akan mengikuti arahan yg tertulis di sini …semoga bermanpaat untuk saya…mohon ijinya

  39. Saya baru kali ini meditasi Shen qi dan baru sekali. sekitar 5 menit saat meditasi perut sudah terasa panas. Tapi nafas perut saya tidak maksimal dibandingkan dengan ketika saya tidur. Setelah sensasi panas di perut, perlahan lahan ada sensasi gatal di bagian kaki kiri, selanjutnya di bagian kaki kanan. Untuk kali pertama ini saya meditasi hanya sekitar 10 menit. Karena badan terasa agak kaku. Karena setau saya prinsip meditasi itu relaksasi. Nanti setelah kondisi badan normal baru kemudian dilanjutkan.

  40. Saya mau tanya kalau seandainya sdh mencapai Tahap 2 kemudian melakukan pantangan misal makan daging hewan berkaki empat atau berhubungan dg pasangannya apakah harus mengulang ke Tahap 1 atau tetap melanjutkan Tahap 2 ?

  41. Mau nanya apakah waktu meditasi harus kluar air liur. Saya sudah coba kok kadang tidak keluar air liur. Apakah bahaya jika tidak keluar air liur?

    1. Jangan terlalu dipikirkan mengenai hal2 lain. Semakin rileks semakin baik. Malah gak dapat hasil kalo latihan memikirkan air liur.

  42. Selamat pagi,

    Saya sudah lakukan latihan Zhen Qi sendiri di rumah, dan sudah mencapai Tungkuan. Sensasi yang saya rasakan pada saat tungkuan, kesemutan mulai dari telapak kaki, naik terus sampai ke ubun-ubun, dan rongga mulut. Setelah itu tubuh rasanya ringan dan sangat berenergi. Biasanya saya sering ngatuk, setelah tungkuan, saya ga ngantuk, kecuali malam.

    Sayang setelah itu saya tidak lakukan latihan lagi, dan itu sudah lama, mungkin sudah lebih dari 5 tahun.

    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Kalau sekarang saya mulai latihan lagi, apakah bisa mencapai tungkuan lagi? Atau tungkuan hanya sekali seumur hidup?
    2. Setelah mencapai tungkuan, untuk menjaga Qi berapa menit latihan harus dilakukan setiap hari?
    3. Apakah ada buku manual ZQYX dalam bahasa Indonesia/Inggris?

    Salam,
    Virja DG

    1. DG sekali saja.

      Untuk menjaga stamina dan pengganti energi sehari-hari, kira2 1jam. Tergantung kegiatannya juga.

      Tidak ada buku manual.

    1. Maaf, slow response. Sehari total 8-9jam, pak Budi. Menurut pengalaman, perlu selama 9bulan an dengan latihan 8-9jam tersebut. Setelah itu baru dapat diturunkans ecara bertahap. Tetapi harus di maintain min 5jam sehari seterusnya. Bisa berbeda orang per orang.

  43. Mengapa:
    1. Saat meditasi tahap 1, uluhati hanya terasa hangat dan penuh sekali dan 2x saja dalam 1 sesi, selama 1 jam. Setelah itu tidak ada reaksi apa2? Apa bisa ke tahap 2?
    2. Saat meditasi keringat bercucuran banyak sekali

    1. 1. Sudah bagus latihannya. Latihan rileks saja. Jangan terlalu dipikirkan mengenai penuh tidaknya. Gatal2 juga biarkan. Lanjuuuttt..
      2. Bagus juga, salahs atu reaksi dari berlatih : detoxing.

      Maaf yach, slow response. Selamat berlatih.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *